Merayakan Kolaborasi JWB dengan Allen & Overy, Mitra Juara Kami dalam Mewujudkan Keadilan Sosial

Di dunia di mana akses keadilan seringkali terhalang oleh kendala ekonomi, sosial, dan budaya, kerjasama antara organisasi bantuan hukum non-profit dan firma hukum menjadi sebuah sumber harapan.

Sejak tahun 2017, kantor-kantor Allen & Overy (A&O) di Hong Kong, Singapura, dan Jakarta telah bekerja sama dengan JWB untuk meningkatkan akses keadilan bagi pekerja rumah tangga migran (PRT migran), memberikan mereka kekuatan untuk menuntut tanggung jawab kepada pihak yang memperlakukan mereka dengan buruk dengan memperoleh kompensasi yang layak, bahkan setelah mereka kembali ke negara asalnya. Untuk merayakan kerjasama yang telah memberikan banyak hasil positif ini, kami ingin menyoroti pencapaian bersama kami dan kontribusi A&O terhadap peningkatan akses keadilan.

Memberi Sumbangsih ke Masyarakat

Didirikan pada 1930, A&O adalah salah satu firma hukum terbesar di dunia. Keahlian mereka dalam urusan perbankan & keuangan, pasar modal, dan penyelesaian perselisihan, berhasil membuat mereka menarik klien besar seperti Bank of America, Goldman Sachs, dan The London Stock Exchange. Dengan keahlian dan infrastruktur yang mumpuni serta kehadiran di lebih dari 40 negara, A&O menggunakan sumber daya globalnya untuk berkontribusi kepada masyarakat.

A&O berkomitmen untuk melaksanakan praktek bisnis yang bertanggungjawab dengan “memberi sumbangsih ke masyarakat, mendukung kegiatan dari tingkat akar rumput, dan membangun masyarakat yang adil dan merata”.

Memperluas Dampak Melalui Kelompok Dampak Sosial (KDS)

Kelompok Dampak Sosial (KDS) didirikan untuk mewujudkan visi tersebut.

KDS membantu membangun kerjasama dengan komunitas, membuka kesempatan bagi staf untuk menjadi sukarelawan, dan memberikan nasihat hukum dan keuangan kepada mitra yang membutuhkan. KDS telah bekerja sama dengan LSM untuk mendukung pemukiman pengungsi dari Ukraina dan Afganistan, mendukung hak-hak LGBTIQ+ di Afrika, memberikan pendidikan hukum di Inggris, dan melatih organisasi untuk membantu korban kekerasan seksual di Hong Kong.

Di tahun 2023, komunitas A&O telah menghabiskan sekitar 78.000 jam dalam proyek pro bono, dimana jumlah ini meningkat sebanyak 56% bila dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya. Firma dan mitranya juga berhasil mengumpulkan dana sebesar 3,9 juta Poundsterling, termasuk 2,4 juta Poundsterling melalui Yayasan Allen & Overy untuk LSM.

Para staf juga terlibat sebagai sukarelawan dalam proyek utama KDS, yaitu melalui program Kemitraan Amal Global. Kegiatan ini mengajak semua orang di firma untuk terlibat dalam kegiatan amal dengan bantuan dalam bentuk barang, nasihat hukum gratis, dan penggalangan dana hingga 1 juta Poundsterling. Terkhsusus untuk amal Street Child, A&O berhasil mengumpulkan 1,5 juta Poundsterling dan membantu lebih dari 1.000 gadis di Sierra Leone untuk mendaftar ke sekolah menengah.

Catherine Husted, kepala KDS di Hong Kong, menekankan pentingnya kerjasama: “Penting untuk membangun kepercayaan antara A&O dan mitra LSM kami–komunikasi yang transparan adalah kunci untuk hubungan yang baik. Dengan begitu, kami bisa lebih mengerti tantangan yang dihadapi oleh komunitas terpinggirkan dan mencari solusi, baik melalui kerja pro bono, program komunitas, sumbangan, dan inisiatif sosial lainnya.”

Bermitra dengan JWB

Sejak tahun 2017, A&O telah memberikan kontribusi sekitar 783,5 jam layanan pro bono untuk membantu litigasi JWB, acara pelatihan, pengembangan strategi, dan upaya penggalangan dana. Total nilai kontribusi A&O diperkirakan mencapai sekitar 310,917 Dollar Amerika.

Matt Bower, salah seorang Partner di A&O Hong Kong, menyatakan, “Kami merasa bangga dengan kerjasama ini dan menyadari bahwa kami telah mencapai banyak hal karena keahlian A&O dan JWB saling melengkapi. JWB berada di barisan terdepan dalam mengidentifikasi masalah – A&O siap memberikan dukungan hukum yang tepat dan berdampak signifikan untuk pekerja migran.”

Allen dan Overy (Hong Kong) di acara penggalangan dana tahunan JWB – Happy Hour on a Mission 2022 (Kanan: Matt Bower)

Selain mewakili klien PRT, A&O juga mendukung penuh upaya pembangunan kapasitas JWB. Tarsis Halintar (Bapak Hali), mitra di Ginting & Reksodiputro yang bekerjasama dengan A&O, bertindak sebagai tamu pembicara untuk Program AKSES JWB, dan turut menyelenggarakan lokakarya pelatihan untuk WCC Mawar Balqis terkait hak-hak kontrak PRT migran di Indonesia. Sebanyak 32 peserta, termasuk paralegal, mantan PRT, dan otoritas lokal telah berhasil dilatih dalam lokakarya ini. Sesi berharga ini memfasilitasi transfer pengetahuan di antara organisasi garis depan dalam membantu PRT migran mengejar tuntutan lintas batas dengan lebih efisien.

Pelatihan JWB bersama Women Crisis Center Mawar Balqis pada 10 – 11 Februari 2023

Pak Hali menyampaikan, “Komitmen JWB dalam membela hak dan kesejahteraan pekerja ini patut diacungi jempol. Usaha mereka berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang lebih adil dan setara di mana setiap individu, tanpa memandang latar belakang, diperlakukan dengan bermartabat dan terhormat.”

Tarsis Halintar (Pak Hali) menjadi pembicara dalam pelatihan

Kita Semua Bisa Menciptakan Perubahan

Pengacara individu dan firma hukum memiliki kekuatan untuk menciptakan dunia yang lebih adil. Keinginan bersama untuk membantu komunitas marginal ini yang membuat kemitraan kami bertahan. Catherine, Direktur Eksekutif kami menyatakan,, “Kita semua bisa membuat perbedaan dalam kehidupan seseorang yang membutuhkan bantuan – bahkan tindakan kebaikan kecil bisa memiliki dampak besar.”